Selasa, 14 Juni 2016

Mencari Informasi Terkini Tentang Beberapa Perjalanan ke Planet-Planet atau Bulan

Universitas Gunadarma
Fakultas Psikologi


Disusun oleh:
Nama: Wanda Amalia
Kelas: 01PA09
Npm: 17515105
Laporan ini Disusun untuk Memenuhi
Sebagian Tugas Matematika dan IAD
DEPOK
2016


   Tidak mudah mencari planet seperti bumi. Manusia modern baru datang setelah bumi sudah indah.

    Tetapi kondisi bumi sebelumnya sangat kacau sebelum mencapai masa tenang seperti sekarang.

    Bagaimana rencana membuat planet layak huni, misalnya di planet Mars. Apakah manusia mampu membuat planet Mars menjadi seperti Bumi, apakah dahulunya planet Mars memang seperti Bumi.

Sebuah planet siap huni bagi manusia membutuhkan kriteria.
  • Resep sebuah planet yang layak huni adalah planet yang hangat, setidaknya cukup hangat untuk manusia tinggal.
  • Hal terpenting adanya 2 komponen yaitu air dan atmosfer / udara.
    Tetapi membuat sebuah planet seperti Mars sampai layak untuk bernapas membutuhkan waktu 100 ribu tahun lagi, walau manusia sudah mengunakan teknologi terbaik saat ini.
Suhu di planet Mars bervariasi, bila jauh dari matahari akan anjlok ke suhu minus dibawah 0. Karena lapisan atmofer disana yang tipis dan tidak bisa menyimpan banyak panas matahari, hal lain tekanan atmofer yang rendah serta penerimaan termal rendah terjadi di permukaan planet.

    Karena planet Mars lebih jauh posisinya ke matahari dan ukurannya yang lebih kecil, hanya menerima kekuatan 43% cahaya dibanding planet Bumi yang lebih dekat ke matahari. Planet Mars akan mengalami badai debu kecil sampai badai terbesar, ketika posisinya lebih dekat ke matahari.

     Manusia pergi ke luar planet Bumi, tapi hanya mencapai ke Bulan. Hanya 12 orang yang pernah menginjakan kaki di planet lain yaitu sampai di Bulan saja, itupun mengunakan teknologi tahun 60an dari proyek Apollo Amerika.


    
     Meskipun mahal, kembali ke Bulan cukup menjanjikan dan worth. Ada cadangan besar Helium-3 di permukaan Bulan, yang merupakan material yang langka di Bumi serta dapat digunakan untuk energi fusi masa depan. Belum lagi, mineral berharga lainnya dan elemen-elemen kehidupan di Bulan, yang siap digunakan untuk membangun koloni.

    
Jarak Bulan yang tidak terlalu jauh dari Bumi, juga membuat sisi psikologis manusia tidak terlalu terganggu jika harus tinggal di sana. Manusia nantinya dapat menyempurnakan teknik bertahan dan berkembang di luar planet Bumi. Jika kita bisa membuat koloni di sana, maka kita memiliki kesempatan untuk pergi ke dunia yang lebih jauh.

     Masalah besar dengan mendarat di Bulan adalah, Bulan benar-benar tidak ramah bagi kehidupan manusia. Tidak ada atmosfer, tidak ada perlindungan dari radiasi Matahari, variasi suhu yang sangat ekstrim dan gravitasi yang begitu rendah, semua ini bisa mematikan dalam jangka panjang.



     Pesawat ruang angkasa terjauh di abad ke 21 hanya Voyager, disusul New Horizon

      Sebelum berlanjut, seperti apa kondisi planet Mars saat ini. Foto dibawah ini diambil oleh robot Curiosity tanggal 18 Desember 2015

Description: Pemandangan foto dari planet Mars dari Robot Curiosity 18 Desember 2015


Bagaimana bentuk planet Mars sebelum hancur seperti sekarang ini.
    Pada 5 November 2015, sebuah pesawat Nasa Maven masih berada disana dan melaporkan data tentang planet Mars. Gas CO2 di planet Mars naik dan terbang menghilang, setelah medan magnit mars mennutup sekitar 4,2 miliar tahun lalu, dan angin matahari membuat tekanan di planet Mars.
Pada gambar dibawah ini dari kiri atas adalah permukaan planet Mars sekarang, 3 gambar lain setelah terjadi perubahan bentuk secara alami di planet Mars sebelumnya yang masih memiliki air dan atmofer tebal

Description: http://obengplus.com/news/image/2014jun/14planet-mars-siap-huni.jpg

Apakah sudah ada manusia tinggal di planet Mars.
     Tentu saja tidak. Planet Mars baru dikunjungi oleh sebuah robot Rover yang dikirim dari bumi. Disebut Rover Coriosity tersebut sedang melakukan penelitian tentang kandungan atmofer, tanah dan lainnya. Bergerak dengan remote dari Bumi, untuk menganalisa bebatuan disana.
  

     Diluncurkan dari Bumi tahun 2011 dan tiba di Mars 6 Agustus 2012. Menempuh perjalanan 560 juta km selama 9 bulan.
Ketimbang Mars dan Bulan yang memiliki pro dan kontra, ada pilihan hunian lain yang mungkin akan umat manusia pertimbangkan: Venus.

    Sayangnya, Venus merupakan planet dengan suhu permukaan terpanas Se-Tata Surya, di mana suhunya cukup panas untuk melelehkan timah, lengkap dengan tekanan atmosfer yang sangat kuat bagai berada di dasar lautan Bumi 


    
Tapi tidak peduli ke mana kita akan berpergian di Tata Surya, semuanya akan menjadi pekerjaan besar dan sulit. Kita akan perlu mengembangkan teknologi baru, dan memertimbangkan risiko kehidupan setiap astronot yang dikirim untuk menjalani misi pertama. Tetapi hasilnya akan menjadi sesuatu besar, spesies manusia akan melakukan satu lompatan besar menjadi spesies antarplanet.


Sumber :


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar